Kodim 0827/Sumenep Bersih-Bersih Pasar, Peringati HUT ke 79 TNI

Kodim 0827/Sumenep Bersih-Bersih Pasar, Peringati HUT ke 79 TNI

SUMENEP, (TransMadura.com)  – Komando Distrik Militer (Kodim) 0827/Sumenep melaksanakan kegiatan karya bakti dengan membersihkan Pasar Bangkal, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. Rabu (2/10/2024).

Karya bakti pembersihan pasar dalam rangka memperingati HUT ke 79 TNI tahun 2024. Pembersihan dilakukan bersama-sama dengan Pemerintah Kecamatan Kota, DLH, Persit dan warga pasar Bangkal.

Danramil 0827/01 Kota Kapten Inf Nanang Fadhori pun turun langsung memimpin karya bakti tersebut.

Kapten Inf Nanang Fadhori mengatakan kegiatan bersih-bersih pasar untuk mengantisipasi terjadinya wabah penyakit yang diakibatkan penumpukan sampah.

“Karya bakti ini dilakukan dalam rangka HUT TNI ke 79 sekaligus mencegah terjadinya bencana banjir dan wabah penyakit menjelang musim hujan,” ujarnya.

Danramil 01 Kota menyebut, sasaran dalam kegiatan Karya Bakti Kodim 0827/Sumenep, yakni bersih-bersih sampah pasar, pembersihan selokan dan bersih sampah di area lapangan Giling.

“Seperti kita ketahui, sekarang mau masuk musim hujan sehingga berinisiatif membersihkankan pasar. Petugas kebersihan pasar yang terbatas tentu kewalahan. Untuk itu TNI hadir untuk membantu pembersihan,” ucapnya.

Pihaknya mengungkapkan, kegiatan ini juga membawa pesan khusus, dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat, baik pengunjung maupun pedagang pasar, agar lebih peduli lagi terhadap kesehatan lingkungan.

“Pembersihan yang digelar oleh Kodim 0827/Sumenep bersama instansi terkait dan masyarakat sekitar pasar akan menjadi momentum kecil dalam mendorong masyarakat untuk memiliki pola hidup sehat dan bersih dengan menghindari penumpukan sampah,” kata Kapten Inf Nanang Fadhori.

Kapten Inf Nanang Fadhori meminta kepada warga pedagang di pasar agar tidak membuang sampah sembarangan di dalam kompleks pasar, karena selain mencemari lingkungan yang mengakibatkan bau busuk sehingga menimbulkan penyakit.

“Kita juga imbau, baik pedagang maupun pengunjung harus sama sama bertanggung jawab atas kebersihan pasar, hal ini untuk kenyamanan dan keindahan lingkungan pasar,” imbaunya.

Exit mobile version