banner 728x90

Babinsa Kodim 0827/Sumenep Dapat Pelatihan Manajemen Pendampingan Pompanisasi

Babinsa Kodim 0827/Sumenep Dapat Pelatihan Manajemen Pendampingan Pompanisasi


SUMENEP, (TransMadura.com)  – Para Babinsa jajaran Kodim 0827/Sumenep dapat pelatihan manajemen pendampingan pompanisasi bagi pendamping lapangan dari Badan Penyuluhan dan pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Balai Besar Pelatihan Peternakan – Batu bertempat di Aula Makodim 0827/Sumenep. Selasa (15/10/2024).

Kegiatan ini dalam rangka mendukung program Perluasan Areal Tanam (PAT) dan peningkatan
kompetensi pendamping lapangan selama tiga hari secara online dan ofline.

banner 728x90

Pelatihan ini tidak hanya sekedar teori, tetapi juga akan diisi dengan praktik on job training langsung di lapangan.

Dandim 0827/Sumenep yang diwakili Kasdim Mayor Cba Ari Pamungkas mengatakan pelatihan ini untuk meningkatkan pemahaman teknis para Babinsa dalam pengoperasian pompanisasi dan pemeliharaan rutin.

Baca Juga :   Bantu Plester Jalan Rumah Warga, Babinsa Laksanakan Penuh Semangat

“Pelatihan ini dapat meningkatkan wawasan kepada para Babinsa terkait pengoperasian pompanisasi sehingga memberi manfaat kepada petani binaan di wilayahnya,” ujar Kasdim.

Menurut Kasdim, pelatihan ini juga menekankan pentingnya komunikasi dilapangan baik kepada atasan atau antar rekan Babinsa untuk memastikan bahwa setiap tugas terkait pengelolaan pompa dapat dijalankan dengan lancar dan tanpa hambatan.

“Diharapkan saling berkomunikasi, sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan solusi terhadap berbagai tantangan yang mungkin dihadapi di lapangan,” ungkap Mayor Cba Ari Pamungkas.

Sementara, Didat dari Balai Besar Pelatihan Peternakan – Batu mengatakan bahwa tujuan dari
pelatihan tersebut dalam rangka mendukung peningkatan jumlah pangan di Indonesia.

Menurutnya, kolaborasi antara Kementan RI dan TNI AD adalah sinergi yang positif demi masyarakat Indonesia.

Baca Juga :   Berikut Pesan Dandim Sumenep Pada Giat Kunker Ke Koramil 05 Lenteng

“Kolaborasi antara Kementan RI dengan TNI AD, terhadap upaya pompanisasi dan perluasan areal tanam untuk meningkatkan kualitas dan jumlah pangan,” ucapnya.

Ia mengatakan materi yang dilatih meliputi pelatihan pengoperasionalan dan pemeliharaan pompa, melatih komunikasi sosial dalam masalah petani yang tentunya merubah mindset budaya di masyarakat dalam cara bertani.

Pihaknya pun mengapresiasi atas antusias para Babinsa Kodim 0827/Sumenep selama mengikuti pelatihan pendampingan pompanisasi,

“Alhamdulliah terjadi perubahan perilaku, karena kami di Kementrian Pertanian khususnya dalam peningkatan SDM, khususnya di pak Babinsa terhadap peningkatan Pompanisasi, dan secara garis besar responnya positif, mudah-mudah segera bermanfaat bagi petani,” pungkas Didat.