banner 728x90

Pemkab Sumenep Membuka Rute Baru Kapal Cepat

Pemkab Sumenep Membuka Rute Baru Kapal Cepat


SUMENEP, (TransMadura.com) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur segera membuka trayek baru kapal cepat Expres ‘Bahari’ ke lintasan kepulauan.

Rencananya kapal cepat ini akan melayani rute, Kalianget – Sepudi-Raas dan Jangkar-Situbondo. Pembukaan trayek bersejarah ini merupakan hasil lobi pemerintah kabupaten Sumenep pada operator angkutan kapal cepat.

“Mamang sudah digagas oleh Pak Bupati untuk memberikan layanan transportasi laut yang lebih cepat. Ya solusinya harus ada trayek reguler kapal cepat kesana, jadi jurusan Kalianget Sepudi-Raas dan ke Jangkar Situbondo,” kata Kepala Disperkimhub Sumenep Yayak Nurwahyudi, Rabu (2/9/2024).

Menurut mantan kepala Bappeda Sumenep ini, trayek yang akan dibuka ini merupakan trayek bersejarah.

“Memang belum pernah ada trayek reguler kapal cepat di lintasan ini. Alhamdulillah di tahun 2024 ini akhirnya bisa terwujud. Ijin trayeknya mulai dari Pemprov, KSOP dan kementrian perhubungan sudah selesai,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pelantikan Anggota DPRD Sumenep Periode 2024-2029 Ingatkan Tugas dan Fungsinya

Terpisah, Kepala Cabang Ekspress Bahari Kalianget Muhammad Nurullah mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan armada kapal cepat yang akan beroperasi di lintas kepulauan Sumenep tersebut.

“Sudah berangkat crew yang menjemput kapal. Spesifikasi kapalnya 364 seat. Sedang proses pasang mesin baru. Insyaallah dalam waktu dekat ini kapalnya sudah bisa beroperasi di Sumenep,” kata Muhammad Nurullah, Rabu (2/10/2024).

Sementara itu Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang saat ini sedang cuti pilkada mengaku gembira atas dibukanya trayek baru kapal cepat ke kepulauan Sumenep.

“Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat dan memperlancar transportasi ke wilayah Raas, Sepudi dan ke Jangkar Situbondo,” kata Achmad Fauzi.

(red)