banner 728x90

Dandim Sumenep Turun Langsung Terlibat Perluasan Areal Tanam di Lenteng

Dandim Sumenep Turun Langsung Terlibat Perluasan Areal Tanam di Lenteng


SUMENEP, (TRANSMADURA.COM)  – Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Yoyok Wahyudi, S.I.P.,M.Han kembali melakukan perluasan areal tanam padi di Desa Kambingan Barat, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep.

Luasan lahan yang ditanam seluas 0,5 hektar menggunakan jenis hibrida Mapan P-02. Turut hadir Kasdim 0827/Sumenep Mayor Cba Ari Pamungkas, Danramil 0827/05 Lenteng Kapten Cke Ardi Sumarja.

banner 728x90

Hadir juga Camat Lenteng Ir. Supardi, M.M., Kabid Sarana DKPP Sumenep Yanda, Kasi Panaman Pangan, Kades Kambingan Barat, Farida Dwi Sulistiawati Handayani, Korluh, Poktan Karya Buana dan para Babinsa.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Inf Yoyok Wahyudi mengatakan bahwa program pompanisasi, irpom, sumur bor dan existing menjadi langkah nyata dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi petani di Sumenep.

Baca Juga :   Bantu Plester Jalan Rumah Warga, Babinsa Laksanakan Penuh Semangat

“Para petani disini sebagian mengunakan bor, namun untuk mengairi ke sawah menggunakan pompa (Irpom). Artinya program pompa ini bisa membantu meningkatkan produktivitas pertanian dan menjadi salah satu upaya dalam perluasan areal tanam di tengah dampak perubahan iklim,” ujarnya. Senin (21/10/2024).

Oleh karena itu, Ia memastikan program optimalisasi pompa dan perluasan areal tanam untuk pertanian yang berkelanjutan berjalan dengan baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Diharapkan program ini dapat terus dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Sumenep,” ungkap Dandim.

Sementara, Korluh Kecamatan Lenteng Achmad Husein mengatakan bahwa untuk mendukung perluasan PAT di Desa Kambingan Barat yakin bahwa kemarau bukanlah penghalang untu menanam padi.

Baca Juga :   Peringatan HUT TNI ke 79, Kodim 0827/Sumenep Gotong Royong Bersihkan Sungai

“Alhamdulillah disini dibantu dengan perpompaan melalu sumur bor sehingga membantu menjaga stabilitas air dan ketahanan pangan ke depan,” ungkapnya.

Sementara, untuk target kedepannya perluasan areal tanam akan terus dilakukan dengan menghijaukan lahan di Kambingan Barat.

“Kita tidak muluk-muluk namun terus begerak menanam, bekas tanaman tembakau akan kita cabuti, dan saat ini kita tanam seluas 0,5 hektar,” jelas Achmad Husein.

Ia berharap dengan PAT tersebut Desa Kambingan Barat bisa terus meningkat hingga menjadikan Lenteng sebagai lumbung pangan.